1. Google (http://www.google.com)
Google merupakan sebuah perusahaan
publik Amerika Serikat, berperan dalam pencarian Internet, Cloud Computing,
serta teknologi iklan online & perangkat lunak.
Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ketika mereka masih mahasiswa di Universitas Stanford dan perusahaan ini merupakan perusahaan saham pribadi pada 7 September 1998. Penawaran umum perdananya dimulai pada tanggal 19 Agustus 2004, mengumpulkan dana $1,67 milyar, menjadikannya bernilai $23 milyar. Melalui berbagai jenis pengembangan produk baru, pengambil alihan dan mitra, perusahaan ini telah memperluas bisnis pencarian dan iklan awalnya hingga ke area lainnya, termasuk email berbasis web, pemetaan online, produktivitas perusahaan, dan bertukar video.
Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ketika mereka masih mahasiswa di Universitas Stanford dan perusahaan ini merupakan perusahaan saham pribadi pada 7 September 1998. Penawaran umum perdananya dimulai pada tanggal 19 Agustus 2004, mengumpulkan dana $1,67 milyar, menjadikannya bernilai $23 milyar. Melalui berbagai jenis pengembangan produk baru, pengambil alihan dan mitra, perusahaan ini telah memperluas bisnis pencarian dan iklan awalnya hingga ke area lainnya, termasuk email berbasis web, pemetaan online, produktivitas perusahaan, dan bertukar video.
·
Kelebihan :
1. Kecepatan dan
kemudahan dalam mencari.
2. Lebih canggih dengan
fitur yang dimilikinya.
3. Tampilan yang
sederhana.
4. Google merupakan
satu-satunya mesin pencari yang memilki cach. Dengan adanya cache ini, si
pencari dapat menghemat waktu pencarian, karena hasil pencarian yang akan
ditampilkan.
5. Dapat mencari segala
informasi seperti gambar, berita artikel, hiburan dll.
·
Kekurangan :
1. Dengan kelebihan yang
dimilikinya, ternyata mesin pencari ini jadi bidikan para spamer untuk
menampilkan iklan-iklan yang tidak diperlukan. Mereka memanfaatkan setiap celah
yang ada pada sistem algoritma Google untuk memaksa iklan mereka tampil pada
halaman terdepan. Maka, pencarian pun terasa tergangggu.
2. Yahoo (http://www.yahoo.com)
Yahoo ialah sebuah perusahaan Internet
multinasional yang berpusat di Sunnyvale, California, Amerika Serikat.
Perusahaan ini terkenal karena portal webnya, serta mesin pencari (Yahoo!
Search), Yahoo! Directory, Yahoo! Mail, Yahoo! News, Yahoo! Finance, Yahoo!
Groups, Yahoo! Answers, situs dan layanan periklanan, peta daring, berbagi
video, olahraga fantasi dan media sosialnya. Yahoo! adalah salah satu situs web
terbesar di Amerika Serikat. Yahoo! adalah sebuah portal web populer yang
dioperasikan perusahaan yang bernama Yahoo! Inc.. Yahoo! pada awalnya hanyalah
semacam bookmark (petunjuk halaman buku), ide itu berawal pada bulan April
1994, di mana saat itu dua orang alumni Universitas Stanford mendapat liburan
ketika profesor mereka pergi ke luar kota karena cuti besar.
·
Kelebihan :
1. Adanya fitur e-mail
yang banyak disukai oleh orang-orang.
2. Kecepatan dan
kemudahan dalam mencari.
3. Fiturnyanya yang
komplit.
4. Yahoo juga
menyediakan salah satu fungsi yaitu katalog web. Link ke menu bantuan (help)
juga dapat dikenali dengan baik di halaman login dengan keterangan yang cukup
jelas.
·
Kekurangan :
1. Loadingnya
membutuhkan waktu yang lama
2. Satu id yahoo hanya
untuk yahoo, tak bisa untuk produk windows, seperti IM dan msn
3. Teralu mudah untuk
membuat id, sehingga kadang-kadang disalah gunakan
4. Fitur Y!M masih
sangat kalah jauh dengan IM keluaran windows
5. Skin untuk Y!M masih
sangatlah simple, tak seperti IM yang ada cukup banyak
3. MSN (http://search.msn.com)
Microsoft Network atau MSN adalah
layanan situs web portal yang dimiliki oleh Microsoft. Diluncurkan pada tanggal
24 Agustus 1995, MSN dapat dioperasikan dengan sistem operasi Windows 95,
Windows 98, Windows 2000, Windows XP dan Windows Vista. Bagian-bagian dari MSN
adalah Hotmail, Windows Messenger, My MSN dan Download IE8. MSN kini tersedia
dalam semua bahasa di dunia. Mesin pencari dari Microsoft Network ini
menawarkan pencarian baik dengan kata kunci maupun dari direktori. Pemakai
Internet Explorer kemungkinan besar sudah pernah menggunakan mesin pencari ini.
Situs Searchenginewatch mencatat MSN sebagai mesin pencari ketiga populer
setelah Google dan Yahoo! Tak ada pencarian image, atau news. Menyediakan
pencarian peta, yellow pages, white pages, pencarian pekerjaan, rumah.
·
Kelebihan :
1. Mampu mencari video,
musik, gambar, dan beragam format file spesial.
·
Kekurangan :
1. Pencarian dibutuhkan
waktu yang lama sampai hasil ditampilkan di halaman MSN.
2. Pengguna juga sulit
membedakan antara iklan dan bukan iklan pada halaman pencariannya. Penampilan
iklan hanya dibedakan dari hasil asli melalui sebuah titik di depannya.
4. Bing (http://www.bing.com)
Bing (sebelumnya Live
Search, Windows Live Search, and MSN Search) merupakan situs mesin pencari web
(diiklankan sebagai “mesin pengambil keputusan/decision engine”) yang bernaung
di bawah bendera Microsoft. Bing merupakan bentuk reinkarnasi yang dilakukan
Microsoft terhadap ketiga mesin pencari produksinya terdahulu, yakni Live
Search, Windows Live Search, dan MSN Search.
Mesin pencari ini
diperkenalkan pada tanggal 28 Mei 2009 oleh CEO Microsoft Steve Ballmer pada
konferensi All Things Digital di San Diego, Amerika Serikat, dan secara resmi
diluncurkan pada 1 Juni, menggantikan mesin pencari sebelumnya, yaitu Live
Search.
Bing diciptakan
dengan menggunakan suatu teknologi, yakni PowerSet yang telah dibeli Microsoft
pada tahun 2008. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk memperoleh hasil
pencarian yang lebih akurat. Di samping itu, Bing dilengkapi dengan kemampuan
untuk menyimpan dan membagi historis pencarian melalui Skydrive, Facebook, dan
email. Bing mengelompokkan pencarian berdasarkan empat kategori, yaitu:
1. Web untuk pencarian
halaman situs atau website.
2. Images untuk
pencarian gambar.
3. News untuk pencarian
berita.
4. xRank untuk pencarian
siapa dan apa yang paling banyak dicari oleh pengguna Bing.
Pada tanggal 29 Juli 2009, Microsoft
dan Yahoo! mengumumkan sebuah penawaran, dimana Bing akan menggerakkan Yahoo!
Search. Semua pengguna dan mitra Yahoo! Search diharapkan telah mengalami
transisi tersebut pada awal 2012.
Pada Oktober 2011, Bing mengumumkan
sedang mengerjakan infrastruktur pencarian baru, dengan tujuan memberikan hasil
pencarian yang lebih cepat dan sedikit lebih relevan bagi pengguna. Teknologi
pengindeksan baru yang dikenal sebagai “Tiger” ini telah dimasukkan ke Bing
secara global, sejak Agustus 2011. Pada Mei 2012, Bing mengumumkan rancangan
ulang lain ada mesin pencarinya yang mencakup “Bilah sisi” (Sidebar), fitur
sosial yang mencari pada jejaring sosial pengguna untuk mendapatkan informasi
yang relevan dengan kata kunci pencarian.
5. Web
Crawler
Web crawl dapat
digunakan untuk beragam tujuan. Penggunaan yang paling umum adalah yang
terkait atau berhubungan langsung dengan search engine. Search engine
menggunakan web crawl untuk mengumpulkan informasi mengenai apa yang ada di
halaman-halaman web publik. Tujuan utamanya adalah mengumpukan data sehingga
ketika pengguna Internet mengetikkan kata pencarian di komputernya, search
engine dapat dengan segera menampilkan web site yang relevan dan sesuai dengan
yang dicari.
Ketika web crawl
search engine mengunjungi halaman web, ia “membaca” teks yang terlihat,
hyperlink, dan konten berbagai tag yang digunakan dalam situs seperti meta tag
yang banyak berisi keyword. Berdasar kaninformasi yang dikumpulkan web crawl,
search engine akan menentukan situs dan mengindex informasinya. Website
tersebut kemudian dimasukkan ke dalam database search engine dan dilakukan
proses penentuan ranking setiap halamannya.
·
Kelebihan :
1. Suatu program atau
script otomatis yang relatif simple.
2. Dapat digunakan untuk
beragam tujuan. Penggunaan yang paling umum adalah yang terkait atau
berhubungan langsung dengan search engine.
3. Fungsi web crawler
untuk search engine jauh lebih kompleks bahkan detail
4. Algoritma search
engine raksasa seperti google tidak mudah terungkap.
·
Kekurangan :
1. Beroperasi hanya
sekali, misalnya untuk suatu projek yang hanya sekali jalan.
2. Secara umum web
crawler mengakses sebuah url website melalui internet, proses crawling dapat
dilakukan dengan teknik multi-thread agar optimal.
3. Konten seperti teks
dan metadata akan disimpan pada media penyimpanan, sedangkan link/ url yang
ditemukan akan disimpan kedalam daftar antrian, dan dijadwalkan untuk proses
berikutnya.
6. Looksmart (http://www.looksmart.com)
Looksmart adalah
pelopor industri periklanan pencarian online. Didirikan pada tahun 1997, Look
Samrt salah satu search egine pertama menyediakan kemampuan internet pencari.
Selama bertahun-tahun, Look Smart telah menyediakan solusi pengiklannan
seperti, MSN, dan Ask adalah salah satu sponsor dari looksmart. Looksmart
berfokus pada menghubungkan pengiklan dan penayangan di jaringan pencarian
dengan kualitas tinggi tinggi.
Looksmart adalah salah
satu Search Egine pencarian iklan terbesar, pengolahannya lebih dari 2 milyar
query per hari. Look Smart melayani iklan berbasis teks yang berkualitas
tinggi. Look Smart menyediakan iklan itu secara langsung dengan beragam ribuan
pencarian pengiklannan berbayar. Yang paling penting Look Smart menghubungkan
pengiklanan dengan protokol jaringan yang berkualitas tinggi. Look Smart
berdiri dengan industri terkemuka dengan komitmen terhadap kualitas Protokol
Jaringan.
·
Kelebihan :
1. Menyediakan produk
iklan pencarian dan layanan kepada pengiklan teks
·
Kekurangan :
1. Situs ini merupakan
yang termasuk berbayar
7. Altavista (http://www.altavista.com)
Altavista merupakan
search engine yang cukup terkenal dimata dunia. Suatu saat, AltaVista pernah
menjadi mesin pencari terbesar. Di altavista, kita bisa mencari berbagai
informasi berupa web, gambar, video, berbelanja online, aplikasi, dan berita.
AltaVista diciptakan
oleh para peneliti di Digital Equipment Corporation ‘s Western Research
Laboratory yang mencoba untuk memberikan layanan untuk membuat file penemuan
tentang jaringan publik lebih mudah. Walaupun ada beberapa perselisihan tentang
siapa yang bertanggung jawab atas ide asli,dua peserta kunci Louis Monier ,
yang menulis crawler , dan Michael Burrows , yang menulis pengindeks . Nama
AltaVista dipilih dalam kaitannya dengan lingkungan perusahaan mereka di Palo
Alto. AltaVista adalah publik diluncurkan sebagai mesin pencari internet pada
tanggal 15 Desember 1995 di altavista.digital.com.
Keunggulan AltaVista adalah pilihan
pencarian yang paling lengkap di antara semua mesin pencari.
·
Kelebihan :
1. Keunggulan dalam hal
pencarian halaman web, video, gambar, MP3, dan file audio lainnya. Dalam
pencarian berita pun Altavista mampu mencari berita teraktual.
2. Altavista mampu
menetapkan berapa umur maksimal yang akan ditampilkan.
·
Kekurangan :
1. Dalam hal pencarian
data yang kurang bagus. Sering kali mesin pencari ini menampilkan hasil yang
sama sekali tidak ada kaitannya dengan tema yang dicari.
8. Alltheweb (http://alltheweb.com)
AlltheWeb adalah
mesin pencari internet yang memulai debutnya pada pertengahan-1999 dan ditutup
pada tahun 2011. Ini tumbuh dari FTP Cari, doktor tesis Tor Egge di Universitas
Norwegia Sains dan Teknologi, yang ia mulai pada tahun 1994, yang pada
gilirannya mengakibatkan pembentukan Pencarian Cepat & Transfer (FAST),
didirikan pada tanggal 16 Juli 1997. Itu digunakan terutama sebagai situs
pameran untuk perusahaan mesin pencari CEPAT. Menurut FAST, AllTheWeb sekali
disaingi Google dalam ukuran dan teknologi AlltheWeb pernah menjadi sepopuler
Google, meskipun, dan yang userbase menurun setelah itu dibeli oleh Overture
pada tahun 2003.
Keunggulan Alltheweb
adalah pencarian file pada FTP Server. Tidak seperti web, FTP adalah teknologi
internet yang ditujukan untuk menyimpan dan mendistribusikan file, biasanya
program, audio atau video. Web sebenarnya lebih ditujukan untuk teks. Sejauh
ini, hanya AllTheWeb yang menyediakan jasa pencarian file..
·
Kelebihan :
1. Kemudahan dalam
mencari.
2. Tampilan yang
sederhana seperti Google.
3. Alltheweb langsung
menyediakan fungsi untuk pencarian berita, musik, gambar, dan video.
4. Menu bantuan terlihat
jelas, dan di dalamnya tersedia sejumlah opsi bantuan yang banyak, sehingga
sekali lagi kemudahan tampak bagi si pengguna.
·
Kekurangan :
1. Pencarian yang lama
dibandingkan dengan mesin pencari lainnya.
2. Halaman pencarian
hanya dibatasi dengan sebuah garis sehingga membingungkan si pengguna.
3. Pada link-link
yang tidak berguna terkadang masih terlihat dalam beberapa hari, sehingga
terlihat kurang aktual. Hal ini menunjukan tidak cepatnya Alltheweb melakukan update.
4.
9.Excite (http://www.excite.com)
Excite merupakan
search engine yang serupa dengan yahoo. Keistimewaan Excite adalah pilihan menu
yang ditawarkan cukup lengkap dengan sistem indeks yang cukup baik. Excite
merupakan search engine yang cukup baik untuk mengetahui berita-berita terbaru
dari beberapa sumber seperti Reuters dengan menu barunya yang disebut “Today on
Excite” walaupun tidak tergolong excellent. Search engine ini baik bagi pemula
karena fasilitas pencariannya yang mudah dan sederhana. Selain itu, excite juga
dilengkapi dengan fasilitas “chatting”, “business news”, “sport news” dan
lain-lain.
·
Kelebihan :
1. Excite memiliki
tampilan yang cukup bagus. Bahkan saat kita memasuki situs Excite, disana
terdapat beberapa fasilitas yang memudahkan kita dalam mencari segala
sesuatunya, diantaranya ada email, movie, video, news, horoscope, ramalan
cuaca, sampai pada lowongan kerja. Fasilitas-fasilitas inilah yang dapat
sedikit memudahkan kita untuk mengetahui segala sesuatunya.
·
Kekurangan :
1. Kurang terkenal
karena kurang banyak yang tahu
10. Gigablast (http://www.gigablast.com)
Gigablast adalah
mesin pencari di Internet, didirikan pada 2000 oleh Matt Wells. Gigablast
merupakan proyek terakhir dari Matt Wells, setelah membuat situs web Infoseek
selama tiga tahun, Gigablast didirikan dengan tujuan untuk melakukan pencarian
halaman web dengan kemampuan maksimal mesin pencari lain pada zamannya, namun
menggunakan alat seminimum mungkin. Pada bulan Januari 2005, mesin indeks dari
Gigablast hampir memiliki satu miliar halaman web yang telah terindeks, dengan
hanya menggunakan biaya 8000 Dolar Amerika Serikat (kontra 8000000000 puluhan
halaman dan bernilai jutaan peralatan untuk Google).
11. Aol (http://www.aol.com)
AOL didirikan pada
tahun 1983 dengan nama Control Video Corporation (CVC). Produk tunggal AOL
adalah Gameline.
Pada tahun 1983, Steve Case dipilih
jadi konsultan pemasaran CVC atas rekomendasi kakaknya, banker investasi Dan
Case. bulan Mei 1983, Jim Kimsey menjadi konsultan manufaktur Control Video,
tapi dekat kebangkrutan. Kimsey dibawa oleh Frank Caufield tanggal 24 Mei 1985,
Control Video direorganisasi sebagai Quantum Computer Services, Inc. dengan
Kimsey sebagai CEO, dan Marc Seriff sebagai CTO.
Pada tahun 1985 meluncurkan layanan
online khusus buat komputer Commodore 64 dan Commodore 128 dengan nama Quantum
Link.
·
Kelebihan :
1. Cepat menemukan apa
yang Anda cari di komputer Anda sendiri menggunakan kata-kata kunci dan frase.
Jika Anda tidak tahu namanya, anda hanya memerlukan sedikit kata untuk
menemukannya .
·
Kekurangan :
1.
Kecepatan
saat membuka masih kurang cepat dan tampilan juga masih belum sempurna.
12. Ask (http://www.ask.com)
Ask yang memiliki
arti dalam Bahasa Indonesia : “Tanyakan” adalah sebuah mesin pencari yang
berdiri seajak tahun 1996 oleh Garret Gruener dan David Warthen di California.
Situs ini dapat mencari informasi secara detail, cara kerjanya mirip google.
Browser ini memiliki kemampuan untuk menguraikan data lebih banyak serta
menampilkan link lain yang masih memiliki hubungan yang relevan. Ask mempunyai
kemampuan simantik dan ekstraksi guna mengenali jawaban-jawaban terbaik untuk
pertanyaan user. Cara kerjanya tidak jauh beda dengan google, user tinggal
memasukan keyword lalu klik search. Maka user akan menemukan sederetan hasil
beserta link yang mengantar user menuju hasil yang masih relevan. Situs ini di
lengkapi beberapa tab yang di katagorikan dalam web, images, dsb.
Ask.com awalnya
dikenal sebagai Ask Jeeves, dimana “Jeeves” adalah nama “gentleman pribadi pria
ini”, atau pelayan, mengambil jawaban atas pertanyaan ditanyakan. Karakter
didasarkan pada Jeeves, valet fiksi Bertie Wooster ini dari karya Wodehouse PG.
Ide asli di balik Ask
Jeeves adalah untuk memungkinkan pengguna untuk mendapatkan jawaban atas
pertanyaan yang diajukan dalam sehari-hari, bahasa alami, serta kata kunci
pencarian tradisional. The Ask.com saat ini masih mendukung ini, dengan
dukungan ditambahkan untuk pertanyaan matematika, kamus, dan konversi.
Situs mesin pencari
yang satu ini mengunggulkan kemampuannya untuk memahami bahasa manusia.
Pengguna bisa menggunakan kalimat lengkap, bukan kata kunci. Situs ini berguna
untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan.
Ask merupakan search
engine yang fungsinya untuk mencari informasi berupa gambar, document, video,
refrensi, dan berita.
·
Kelebihan :
1. Keunggulan utamanya
adalah ia akan mencari situs penyedia jawaban untuk pertanyaan anda.
2. Keunggulannya adalah
ia akan mencari situs penyedia jawaban untuk pertanyaan yang diberikan
3. Lebih canggih dan
akan menampilkan lebih banyak informasi pada halaman pertama hasil pencarian
ketimbang Google dan Yahoo!
4. Background dari mesin
pencari Ask.com ini bisa diganti-ganti
·
Kekurangan :
1. Databasenya kecil
2. Fitur kurang lengkap
3. Dari segi tampilan di
tinjau biasa saja karena lebih diandalkan dalam pencarian kata
4. Pencarian kata tidak
ada filtering sehingga data yang tidak dicari semua diambil
5.
Tidak
adanya pengelompokkan data khususnya dalam pembukaan gambar.
13. Iwon (http://www.iwon.com)
Iwon merupakan search
engine yang bekerja sama dengan Ask.com sekaligus merupakan website untuk
menghasilkan uang dengan bermain game online. Anda bisa memenangkan hadiah
hingga 500 hadiah tunai $.
14. Joeant (http://www.joeant.com)
Joeant menawarkan
direktori edited manusia “untuk menyediakan direktori situs berkualitas bagi
pengguna Internet”. Dibuat oleh sekelompok selusin mantan Go.com (Disney)
relawan Go Guides, JoeAnt lahir dari keinginan untuk menyediakan hasil yang
relevan dalam berbagai macam topik, dan berusaha untuk bekerja dengan membentuk
komunitas editor di mana orang tertarik dapat ikut Diluncurkan pada 24 Mei
2001, JoeAnt telah tumbuh menjadi sebuah direktori besar dengan daftar editor
besar.
15. Lycos (http://www.lycos.com)
Lycos adalah mesin
pencari dan portal web yang banyak menekankan pada informasi berorientasi
hiburan dalam arti yang luas. Proyek Lycos diperkenalkan pertama kali oleh
Michael Loren Mauldin dari Universitas Carnegie Mellon di Amerika Serikat pada
tahun 1994, yang kemudian berubah menjadi suatu perusahaan. Kemudian pada tahun
1995, Bob Davis bergabung dan menjadi CEO dari perusahaan Lycos ini.
Salah satu mesin
pencari tertua. Saat ini Lycos lebih dikenal sebagai portal, sehingga fungsi
pencarinya tidak terlalu menonjol. Lycos, selain mendukung pencarian web, juga
menyediakan pencarian file MP3, dan video pada http://multimedia.lycos.com.
·
Kelebihan :
1. Lycos mampu mencari
data dengan cepat dan ini merupakan kelebihannya.
2. Dalam hal pencarian
cepat.
3. Lycos menyediakan
fungsi “Fun Search” yang lebih diperuntukkan bagi kalangan remaja. Ini sangat
membantu bagi kalangan yang membutuhkan gosip dan lagu terbaru dari para
selebritis pujaan.
4. Lycos juga
menampilkan 50 pencarian terbesar di halaman depannya.
·
Kekurangan :
1. Untuk mencari
berita-berita aktualnya, pengguna harus masuk ke bagian site map karena berita-berita
tersebut tidak ditampilkan di halaman depan.
2. Sering tidak spesifik
karena datanya kebanyakan masih mengambil data dari mesin pencari Alltheweb
yang tergolong paling lamban dalam pencarian data.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar